Kamis, 29 Maret 2012

Kolam Ikan

Macam Kolam (Kolam Induk, Kolam Pemijahan, Kolam Penetasan, Kolam Pembesaran / Pendederan)

Masukkan air sampai setinggi 90% ketinggian air pada kolam dan berikan cacahan daun pepaya, pohon pepaya dan gedhebok pisang sampai berbau dan berwarna merah kecoklatan, untuk menghilangkan kimia bahan semen pada kolam tembok selama  10 hari, setelah itu dibuang / dikuras airnya dan bersihkan / sikat kolam tembok sampai bersih. Dan Keringkan selama 2-3 hari baru bisa disi air kembali dan siap digunakan untuk pemijahan,  penetasan, atau pemeliharaan larva.

Persiapan Pemijahan

  1. Cari induk betina dan jantan yang siap pijah / kawin (matang Gonad) usia diatas 1 tahun, bobot 1-2 Kg.
  2. Tanda-tanda induk betina siap pijah yaitu perut membuncit, dan kalau dipegang sangat lembek, warna dada biru keunguan dan kasar serta alat kelamin berwarna ungu, dan gerakannya sangat lambat dan apabila dipegang kedua kalinya diam.
  3. Untuk pejantan cari yang alat kelaminnya panjang dengan ujung lancip dan berwarna merah serta siri lebar dan bentuknya tubuhnya bulat dan panjang.
  4. Usahan ukuran antara induk betina dan jantan, sedikit lebih besar yang jantan atau hanpir sama.
  5. Masukkan sore hari jam 17.00 WIB pada kolam pemijahan dengan ketinggian air 20-25 cm yang sudah disiapkan 1 hari sebelumnya yang sudah disertakan kakaban dari bahan ijuk yang dirakit tipis-tipis dan menutupi 80% luas kolam. Sterilkan dulu Kakaban dan kolam air pemijahan.
  6. Pada Pagi hari jam 5.00 induk betina dan jantan diankat dan masukkan pada kolam induk, dan kakaban tetap pada kolam pemijahan atau kakaban yang sudah ditempeli telur dipindahkan ke kolam penetasan yang sudah disiapkan air sehari sebelumnya dan sudah diberi Cut Fish.

Penetasan dan Pemeliharaan Larva

  1. Hari Pertama Menetas sampai hari ke 22 pemberian aerator danpenggantian air setiap hari pada pagi hari jam 7.00 WIB dengan membuang air dulu sampai tinggal 20% dengan ketinggian air 15 – 20 cm, setelah air cukup diberikan Cut Fish 2 tutup botol setiap hari setelah penggantian air. Untuk sore hari jam 18.00 sampai jam 6.00 Pagi hari kalau bisa diberikan hitter sebagai penghangat suhu antara 28-30◦c.
  2. Hari ke 4-5 ditandai dengan larva sudah menyebar ke seluruh kolam ini baru diberikan pakan cacing sutera selama 10 hari (hari ke 5-14).
  3. Hari ke 14 mulai dilatih dengan pelet UB dengan cara dimasukkan air hangat dengan diberi Probiotik Raja Lele terus diremas-remas dan dikepal-kepal kemudian dibentuk butiran sebesar Sanghai / Neker baru diberikan ke kolam dengan porsi secukupnya, dengan catatan pemberian cacing sutera porsi mulai dikurangi selama 5 Hari (hari 15-20), misal dari 5 takar kurangi setiap hari 1 takar hingga 4-3-2-1-0.
  4. Pada Hari ke 20 dilakukan penyortiran / serit ukuran 1 dan 2 dan yang besar sudah bisa diberikan pakan pelet ukuran m-1 tetap dengan diberikan air hangat atau direndam dengan tambahan Probiotik Raja Lele.

Penanggulangan penyakit:

  1. Apabila anakan lele mengambang / dangak (bahasa jawa) bisa diperikan obat PK (kuning) secukupnya.
  2. Apabila anakan lele mengambang / dangak dan kembung bisa diperikan obat super tetra 2 kapsul  ditebarkan atau blenderkan daun pepaya satu ukuran blender dan taburkan.
  3. Apabila anakan lele mengambang dan mulutnya merah-merah dan timbul bintik putih gunakan garam grasak yang sudah dicampur dengan air kemudian masukkan pada kolam.
  4. Pada saat dalam keadaan sakit hanya diberikan cara a-c dan jangan diberikan makan apapun sampai ikan sehat kembali. Dan pada saat ini aerator dan hitter harus digunakan secara terus menerus sampai ikan sehat kembali.

Pembuatan obat herbal:

  1. Bahan jahe, kencur, kunir, temulawak, bawang putih, garam, gula, daun pepaya, dauh sirih, daun sirsat.
  2. Caranya semua ditumbuk halus, kemudian di masak sampai mendidih dan didinginkan, dipermentasi sampai 4-5 hari.
  3. Pemberiannya campurkan pada pelet dan diremas-remas, dikepal-kepal dan digelintir untuk ikan yang masih kecil, dan untuk yang sudah berusaia diatas 22 hari bisa cicampurkan pelet m-1 dan m-2 dan seterusnya sesuai ukuran anakan lele sampai usia 2 bulan.